Migrasi Website

Picture ofMigrasi Website
Picture taken from http://zoompf.com/blog/2013/08/you-need-a-website-migration-plan

Migrasi Website bisa diartikan sebagai proses penggantian sistem website, misalnya dari ASP ke PHP atau sebaliknya, dari PHP ke CMS atau dari CMS satu ke CMS lain. Misalnya migrasi dari Drupal ke WordPress, migrasi dari Joomla ke WordPress, dll. Migrasi website hanya mengganti sistem/softwarenya, jadi fungsi-fungsi dan tampilan tetap. Migrasi website biasanya dilakukan karena sistem yang ada tidak bisa memenuhi keinginan (dari sistem biasa ke sistem yang lebih komplek), atau mungkin terlalu berat dan membebani hosting jadi diganti ke sistem yang lebih ringan (dari sistem komplek yang yang lebih sederhana).

Migrasi website bisa juga dipakai untuk istilah pindah hosting, bisa dari localhost ke server hosting, atau dari satu hosting ke hosting yang lain. Untuk pindah antar hosting lebih mudah karena ada fasilitas backup cpanel yang bisa di-import ke hosting yang baru. Dengan adanya software pre installer CMS seperti Softaculous, bisa install CMS di tempat baru, lalu drop semua table, import database, upload gambar dan file theme (WordPress), maka Website sudah berpindah ke hosting baru. Kalau kesulitan, bisa minta bantuan layanan hosting untuk memindahkan.

Bagaimana migrasi antar plathform, misalnya migrasi dari Drupal ke WordPress? Untuk migrasi antar CMS langkahnya lebih mudah karena setiap CMS biasanya ada fasilitas untuk export dan import isi website. Tapi biasanya juga ada masalah dalam penyesuaian URL, lalu export gambar/ media karena script yang mengatur berbeda, juga karena system dan databasenya berbeda.

Migrasi dari PHP ke CMS, misalnya WordPress, dibutuhkan beberapa penyesuaian karena struktur database yang tidak sama, juga biasanya tidak adanya fasilitas export atau import. Proses migrasi meliputi import database isi, komentar, file gambar, link, dll.

Migrasi bisa dilakukan dengan dua cara: import database atau melalui file XML. Untuk website yang bisa diakses DB-nya, bisa dilakukan import data menggunakan SQL: Structured Query Languange. Menggunakan SQL kita mengambil kolom-kolom yang dibutuhkan saja kemudian dimasukkan ke struktur table database website baru.

Sementara untuk wesbite yang tidak ada akses ke DB, misal: Blogspot, WordPress.com, atau layanan blog seperti SquareSpace, bisa menggunakan tool export yang sudah disediakan. Hasil export biasanya berupa script XML, yang kemudian harus di-import melalui dashboard (WordPress).

Yang harus diperhatikan dalam migrasi website adalah jangan sampai menurunkan posisi pencarian di Google. Sebuah website yang sudah lama mempunyanyai tulisan yang di-index oleh mesin pencari. Migrasi website hanya perubahan sistem, bukan tampilan.

Halaman web mempunyai penanda yang dinamakan URL (universal resource locator), atau URI (universal resource identifier), atau kalau di WordPress istilahnya permalink (permanent link). Penanda ini unik, bisa berupa angka atau huruf. Karena unik, satu URL hanya merujuk ke satu halaman web.

Contoh:
Kita mau melakukan migrasi sebuah website yang mempunyai URL: www.domain.com/123/ini-judul/. URL ini sebaiknya dipertahankan dalam system yang baru. Dalam URL tersebut mengandung angka unik yaitu ID = 123, dan judul unik: “ini-judul”. Jadi, dalam proses migrasi ada dua hal penting: ID dari artikel, dan judul artikel unik.

Bagaimana kalau website baru URL-nya berbeda? Bisa saja, tapi kita harus melakukan permanen redirect [R 301] melalui htaccess ke url baru. Syaratnya, URL baru harus mengandung ID atau judul unik. Misalnya, URL lama masih dalam format asli, www.domain.com?content=page&action=view&post_id=123, lalu dalam system yang baru menggunakan format SEF URL: www.domain.com/page/123/ini-judul.html. URL mengandung angka unik: 123, angka ini yang nanti dipakai sebagai penanda kalau melakukan redirect di file HTACCESS.

Kami melayani jasa migrasi website Drupal ke WordPress, Migrasi website PHP ke WordPress, Migrasi dari Blogspot ke WordPress, dan migrasi dari Textpattern ke WordPress, atau Migrasi dari Joomla ke WordPress.

Jika anda ingin melakukan migrasi website hubungi kami di:
info[at]paradesain[dot]net,
HP 081586017439, 0812 1962 8057 (+WhatsApp)
atau melalui form kontak ini.



3 Responses to “Migrasi Website”

  1. delia says:

    sy sdg mengelola web cms lokomomedia, tpi z mngalami kesulitan untuk pengembangannya. sy terpikir utk pindah ke cms lain sperti wp/joomla. bgmna caranya ya?

Leave a Comment

©Copyleft 2007 - 2017 by paradesain.net :: Jasa Pembuatan Website. All Rights Reserved.
home / hubungi kami / rss / sitemap / valid xhtml / credit

Semua artikel dan dokumen PDF yang ditulis Paradesain.Net dan ditampilkan di website ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.