Bagaimana Membuat Website?

Sebuah website terdiri dari halaman-halaman berupa dokumen HTML atau XML. Membuat website itu mudah, bisa menggunakan Ms Word, Excel, presentation, atau Corel Draw, lalu export sebagai halaman HTML lalu upload ke hosting, maka jadilah sebuah website. Ini merupakan website statis halaman dibuat manual lalu diupload.

Sebuah halaman web sederhana, dengan pemformatan HTML biasa, sebenarnya sudah cukup untuk bisa menyampaikan gagasan anda. Keuntungannya, dengan halaman yang sederhana, akan lebih mudah di-index oleh search engine. Namun kelemahannya, untuk website atau blog dengan frekuensi update teratur, akan sangat kerepotan bila setiap kali mau mengupdate tulisan, kita harus masuk ke account hosting, kemudian meng-upload tulisan satu per satu. Jadi repot kalau menyangkut halaman dengan jumlah banyak, puluhan, ratusan, ahkan ribuan seperti website berita.

Untuk menangani halaman yang rumit, maka dibutuhkan script untuk menjalankannya. Dengan script ini halaman akan menata sesuai peruntukan dan kategorinya. Kita hanya membuat beberapa halaman untuk index, penampil atau arsip. Dengan script, update tulisan menjadi lebih mudah. Ini istilahnya website dinamis. Data biasanya tersimpan dalam database (MySQL, MS SQL, SQLite, Oracle, dll).

Untum menangani website dinamis menggunakan bahasa pemrograman web. Ada yang memakai script PHP, populer karena open source-nya, ASP dipakai oleh para pengembang under Microsoft, yang terbaru ASP.net, generasi net dengan Visual Basic atau C#, ada juga Java yang juga open source.

Kalau anda tidak sempat belajar tentang script yang rumit, anda bisa memakai CMS gratisan: ada WordPress untuk blog, yang sekarang sudah merambah juga ke website, kemudian Joomla, Drupal, Textpattern, CMS Made Simple, Modx, Expresion Engine, dll.

Bisa juga menggunakan framework: CodeIgniter, Zend Framework, CakePHP, Laravel, Yii, Kohana, dll. Semua mengandung kelebihan baik dari kesederhanaan maupun kompleksitas. Semakin komplek semakin membutuhkan waktu yang lama untuk menguasasinya.

Namun semua itu adalah script yang dieksekusi di server, isitilahnya mesin yang menjalankan web. Sedangkan hasilnya sama saja: sebuah halaman html yang akan diterjemahkan oleh browser. Karena yang akan dibaca oleh kita adalah HTML-nya, maka secanggih apapun script harus bisa menerjemahkan menjadi sesederhana mungkin untuk dibaca oleh browser dan search engine. Itulah pendekatan programming dan design.

Seperti juga antara arsitek dan insinyur struktur, bekerjasama menghasilkan bangunan yang tak hanya indah, tapi juga kuat. Kerjasama antara designer web dengan programmer web akan menghasilkan halaman web yang tak hanya indah, tapi juga aman, efisien, dan mudah diakses.

Indah bukan hanya di mata kita, tapi juga di mata search engine.

Bagi yang mau belajar membuat web yang harus dikuasasi:

1. HTML + CSS
Ini bahasa yang menyusun halaman web. HTML untuk layaout/kerangkanya, CSS untuk mengatur propertinya: seperti warna, ketebalan, besar huruf, lebar dokumen, dll.

2. IDE (Integrated Development Environment) atau software bantu untuk membuat halaman web. Bisa menggunakan yang visual seperti: Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Netbeans, Visual Studio, atau yang manual juga bisa: Notepad++, Notepad, Bluefish Editor, Gedit (linux Genome)

Untuk yang visual, bisa membuat dokumen HTML dengan konsep WYSIWYG (what you see is what you get). jadi seperti menulis di Ms Word, tanpa harus dibuka di browser (mis: Mozilla Firefox), sudah bisa dilihat tampilannya, Untuk yang manual (Notepad), anda harus mengetik satu-satu setiap kode. Memang menjemukan, tapi kelebihannya karena ringan, tidak memerlukan komputer dengan spek tinggi dan lebih stabil.

Software bantu seperti Adobe Dreamweaver mempunyai banyak kelebihan. Selain hanya untuk membuat halaman HTML juga bisa menjadi framework untuk membuat web dinamis dengan PHP, ASP. Jadi, tanpa tahu mendalam tentang PHP, Adobe Dreamweaver bisa membuatkan anda sebuah web PHP. Tentu, anda harus mempelajari fungsi-fungsinya. Tapi kelemahanya membutuhkan spek komputer yang tinggi: processor, RAM. Kalau speknya “ngepress” jadi lambat dalam ujicoba halaman.

3. Bahasa pemrograman web. Yang paling populer dan besar komunitasnya adalah PHP. Bahasa pemrograman lain yang populer adalah ASP.Net (Microsoft) dan Java (Oracle). ASP.Net dan Java lebih rumit dan membutuhkan komputer dengan spek tinggi, karena kedua bahasa tersebut bisa juga untuk membuat aplikasi desktop. Sementara untuk menulis kode PHP bisa dikerjakan cukup dengan Notepad.

4. Pelajari CMS Opensource yang populer: WordPress, Joomla, atau Drupal, semua berbasis PHP. Untuk website biasa lebih efisien menggunakan CMS. Sudah canggih, gratis lagi. Kalau kesulitan mempelajari semua, pelajari satu tapi mendalam. WordPress.

5. Ada juga Framework: Codeigniter, Zend Framework, CakePHP, Kohana, Yii. Dibuat dengan PHP. Untuk menggunakan framework, anda harus menguasai konsep Object Oriented Programming – pemrograman berbasis objek (OOP) PHP.

6. Untuk mencoba script, kita membutuhkan server, bisa server di hosting atau server di komputer lokal. Untuk web PHP bisa menginstal Apache + Mysql, atau yang sudah paket: WAMPP dan XAMPP. Sementara untuk ASP.net, bisa menginstall IIS + NET Framework. Bagaimana caranya? Cari di google saja ya…

Yang terpenting adalah sebuah website bisa memenuhi keinginan dari pemilik dan pengguna. Pengunjung website tidak akan memperdulikan dengan bahasa apa website kita dibuat, yang penting bagaimana tampilan website, isi website, fasilitas, dan kemudahan/kecepatan aksesnya. Dan semua ditampilkan di browser dalam dokumen HTML.



One Response to “Bagaimana Membuat Website?”

  1. […] Dengan banyak text (rich text), maka banyak kata kunci, itu yang akan ditangkap oleh mesin pencari. Memang di mata pengunjung website seperti ini mungkin tak begitu indah, dan kesannya: “so serious”. Tentu saja karena pengunjung web kita yang paling diharapkan adalah manusia, maka bagaimana menggabungkan desain website yang indah baik oleh mesin pencari maupun oleh pengunjung, baca bagaimana membuat website […]

Leave a Comment

©Copyleft 2007 - 2017 by paradesain.net :: Jasa Pembuatan Website. All Rights Reserved.
home / hubungi kami / rss / sitemap / valid xhtml / credit

Semua artikel dan dokumen PDF yang ditulis Paradesain.Net dan ditampilkan di website ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.