Mengenal Yahoo Optimization

Tentu ada perbedaan antara algoritma yang dipakai oleh google dan yahoo. Sampai saat ini para analis SEO juga hanya mengira-ngira hal-hal yang menjadi prioritas algoritma mesin pencari, google atau yahoo. Masing-masing mengembangkan algoritma yang diharapkan semakin mendekati antara keyword dan hasil pencarian, jadi hati-hati yang bemain black hat SEO.

Yahoo menempatkan prioritas pencarian pada beberapa hal, kata kunci yang tepat dan berhubungan dengan isi akan lebih baik. Berikut perkiraan prioritas kata-kunci atau keyword di meta dan tittle medapat porsi 10%, dalam alt tag (pada IMG), meta tags, meta description, mendapat porsi 3%, dan kata kunci dalam isi dokumen mendapat porsi 3%. Yang paling berpengaruh pada algoritma yahoo ke depan adalah title tag, mendapat porsi sekitar 15 to 20%.

Title tag memang sangat berpengaruh. Ini yang jadi strategi banyak orang untuk menang di kata-kunci ternentu. Efeknya, karena banyaknya yang menggunakan trik ini, semakin besar juga persaingan, sehingga semakin sulit juga menggunakan trik ini. SEO adalah seni memanfaatkan peluang, seperti ilmu politik, tidak ada kepastian “pasti berhasil”, tapi sekecil apapun peluang bisa dimanfaatkan.

Ini yang harus diperhatikan dalam optimasi mesin pencari baik Google, Bing, maupun Yahoo, gunakan varias-variasi, antara kata-kunci di title, di description, dan di isi. Sisipkan secara wajar, jangan mem-flooding postingan dengan kata kunci. Pentingnya variasi, juga karena untuk kata kunci yang unik dan bagus biasanya sudah diperebutkan banyak pemilik situs, maka dengan menyebarkan kata kunci di judul, dekripsi, dan isi kemungkinan masuk ke halaman pertama mesin pencari Yahoo tetap terbuka.

Ini penting juga, Yahoo tetap mempertahankan hal-hal “konvensional” dalam algoritmanya, misal: isi, pengunaan kata kunci yang tepat, teks yang ditebalkan, dan header tag. Khusus header tag, gunakan tag h1 sampai h5 untuk pengaturan judul dan sub judul, ini akan diprioritaskan sebagai kata kunci.

URL yang SEF juga sangat penting, seperti contoh di wordpress tersedia setting url biar terlihat friendly di SE, yaitu dengan mencantumkan judul artikel di url. Yahoo adalah salah satu mesinp encari yang masih memperhitungkan meta tag keywords, walaupun prosentasenya kecil, tapi tak ada salahnya kita mencantumkan.

Tapi sekali lagi, SEO bukan segalanya. Dibutuhkan usaha keras membuat isi yang bagus untuk menaikkan traffic website anda.

Update 2014

Kolaborasi Google, Yahoo, dan Bing dalam proyek Schema.org mengindikasikan pentingnya sebuah standar tag untuk mengelompokkan data dalam pencarian. Standar ini diperlukan agar masing-masing bagian yang ditandai tag tertentu bisa dikenali sama oleh semua mesin pencari, sehingga menghasilkan pencarian yang leih valid. Format data terstruktur atau dokumen yang berisi data dikenal dengan istilah Semantic Web. Memang banyak yang menyayangkan, sementara W3.org mengembangkan standar untuk web semantic dengan RDFa, tapi para pemilik mesin pencari mengembangkan standar sendiri: Microdata + Schema.org

Jadi fokus SEO sekarang harus memperhatikan struktur data dalam pemformatan HTML. Saat ini ada 3 format data terstruktur untuk dokumen (X)HTMl: Microformat, Microdata, dan RDFa. Jadi, bagi yang ingin hasil pencarian bagus, disarakan menggunakan format Microdata + schema.org.

Tapi dunia web itu luas, silakan saja menggunakan format data yang disukai. Seperti paradesain.net, menggunakan format RDFa. Dalam beberapa proyek lain, paradesain.net juga menggunakan Microdata sebagai perbandingan.

Content is still the king, isi masih sangat penting. Tapi, isi yang baik didukung format yang benar akan menjadi ing of the king. 🙂

Selamat Mencoba. Semoga berhasil.



2 Responses to “Mengenal Yahoo Optimization”

  1. anthon says:

    thank’s atas artikelnya,jangan lupa nglongok web ku ya…..

  2. admin says:

    Terimakasih kunjungannya. Kami sudah melihat websitenya.

Leave a Comment

©Copyleft 2007 - 2017 by paradesain.net :: Jasa Pembuatan Website. All Rights Reserved.
home / hubungi kami / rss / sitemap / valid xhtml / credit

Semua artikel dan dokumen PDF yang ditulis Paradesain.Net dan ditampilkan di website ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.